Minggu, 08 November 2015

Kegetasan Material



Kegetasan: 
kemampuan material berubah secara plastis dan jauh lebih penting. Bagaimana suatu material beraksi pada abrasi mekanikal ? Apakah mudah berubah, ataukah kita akan mendapatkan keretakan dan pull-out selama preparasi ?

Kekerasan: 
sifat yang paling mudah untuk mengukur tetapi tidak merupakan informasi yang cukup tentang material untuk mendapatkan metode preparasi yang tepat.

Instruksi Metalogram
Di dalam metalogram, kami telah memilih untuk menunjukkan material berdasarkan sifat fisik khususnya : kekerasan dan kegetasan. Pemilihan metode preparasi tergandung pada sifat ini

Metalogram menunjukkan material berdasarkan baik kekerasannya maupun kegetasannya, karena masing-masing merupakan faktor dalam pemilihan metode preparasi. Untuk preparasi material dimana tidak dapat dengan mudah kita tentukan pada Metalogram, sebagai contoh komposit, coatings atau material lainnya yang berisikan berbagai jenis fase atau komponen, aturan berikut ini dapat digunakan:

Pilihlah metode yang paling cocok dengan komponen material utamanya.
Cek sample setelah beberapa langkah, jika kerusakan pada preparasi terjadi, konsultasikan ke Metalog.
Kerusakan yang paling umum yang berhubungan dengan meterial di atas adalah edge rounding, relief, pull-out dan porositas.
Penjelasan Metalogram
Sumbu X mewakili kekerasan dalam Vickers. Nilainya ditunjukkan secara linier karena metode preparasi yang bervariasi untuk material lunak lebih besar dari pada yang keras. Bentuk Metalogram dihasilkan dari material lunak yang pada umumnya lebih getas dan material keras biasanya lebih rapuh. 

Pemilihan metode preparasi
Pada mulanya, carilah kekerasan pada sumbu X. Kemudian, tergantung pada kegetasan material, gerakkan ke atas atau kebawah. Tidak seperti kekerasan, kegetasan tidak mudah untuk ditentukan secara tepat. Material harus ditempatkan pada sumbu Y berdasarkan pengalaman anda sendiri. Anda harus mempunyai ide bagaimana sebenarnya material itu sendiri, apakah getas atau rapuh.

Untuk mendemonstrasikan ide kami, kami telah menunjukkan beberapa material di dalam Metalogram (lihat penjelasan dibawah ini). Sepuluh metode preparasi merupakan dasar dari Metalogram. Tujuh metode, A-G, meliputi seluruh range maerial. Mereka dirancang untuk menghasilkan spesimen dengan hasil yang sebaik muingkin. Sebagai tambahan, tiga metode pendek, X, Y dan Z diberikan. Metode ini merupakan metode cepat dengan hasil yang dapat diterima



Tidak ada komentar:

Posting Komentar